Solusi Mengatasi Aplikasi Android Hilang Setelah di Restart - KodeSinyal

Thursday, December 27, 2018

Solusi Mengatasi Aplikasi Android Hilang Setelah di Restart

Mengatasi Aplikasi Android Hilang Setelah di Restart

Aplikasi Android Hilang Setelah di Restart - Mungkin hampir semua masyarakat tau apa itu Android, operasi sistem berbasis linux yang sering kita jumpai pada smartphone saat ini. Meskipun sudah memiliki banyak versi yang dikembangkan, terkadang masih memiliki beberapa kesalahan pada sistem yang jarang diketahui masyarakat.

Terlebih lagi, setelah banyak aplikasi dan game yang sudah terpasang di Android malah menghilang dari layar smartphone kita. Pengguna tidak bisa menemukan letak aplikasi tersebut padahal pengguna yakin sudah menginstallnya. Biasanya masalah ini terjadi setelah pengguna Android melakukan restart di smartphonenya sehingga kebingungan untuk mencari cara mengembalikan aplikasi dan game tersebut.

Selain itu, kami temukan beberapa penyebab mengapa aplikasi android kamu tiba-tiba menghilang dari Android. Penyebab tersebut diantara lain adalah terjadinya kesalahan pada penyimpanan internal maupun penyimpanan eksternal, memori tersebut terformat dengan sendirinya, dan adanya virus pada smartphone kamu.

Baca Juga: 
Sebab itu, kami akan berikan solusi bagaimana cara mengatasi dan mengembalikan aplikasi android hilang setelah di restart. Ikuti langkah-langkah berikut dengan seksama.

Mengembalikan Aplikasi Android yang Hilang


Umpama yang hilang hanya satu atau dua aplikasi saja, mungkin kamu bisa memakluminya dan mengunduhnya kembali. Bagaimana jika semua aplikasi yang memenuhi layar kamu tiba-tiba hilang semua?. Karena itu kamu bisa mencoba cara berikut ini.

1. Periksa Lokasi dan Keadaan Penyimpanan Memori Eksternal


Salah satu penyebab munculnya masalah tersebut yakni berubahnya posisi dari tempat semula sehingga memori tidak bisa terpasang dengan semestinya. Kamu juga harus cek keadaan memori tersebut, mungkin terdapat kerusakan pada beberapa bagian memori yang membuat tidak bisa tersambung dengan sistem android.

2. Mencari Aplikasi yang Hilang


Langkah kedua, pastikan aplikasi apa saja yang menghilang dari Android kamu. Bisa saja aplikasi yang hilang tersebut karena kamu hide dengan tidak sengaja. Nah, kamu bisa mencarinya dengan membuka aplikasi manager yang ada di pengaturan android kamu. Beberapa jenis smartphone bisa melihatnya di bagian fitur penyembunyian aplikasi melalui titik tiga. Jika ada aplikasi yang kamu sembunyikan, hilangkan dari fitur tersebut.

3. Coba Restart Android Kamu


Cara ketiga adalah mencoba untuk merestart smartphone kamu. Kemungkinan karena restart yang pertama tidak berjalan dengan lancar akhirnya aplikasi yang kamu miliki menghilang. Karena itu, tidak salahnya kamu mencoba restart untuk kedua kalinya agar sistem bisa kembali seperti semula dan membaca aplikasi dengan baik.

4. Gunakan Fitur Reset Pabrik 


Solusi keempat, jika langkah-langkah diatas kamu bisa memakai cara ini. Menggunakan fiut reset pabrik membuat Android kamu berubah ke pengaturan awal. Maka dari itu kami sarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu agar aplikasi dan data penting tidak hilang. Factory Reset dapat dilakukan dengan 2 metode yakni melalui recovery mode dan melalui Settings > System > Reset > Factory data reset (disesuaikan dengan letak pengaturan smartphone masing-masing). 

5. Memakai Software Android Data Recovery

Apabila semua cara diatas tidak berhasil, kamu bisa gunakan langkah terakhir ini. Akan tetapi, kamu harus memiliki perangkat komputer atau laptop karena software ini tidak tersedia untuk perangkat mobile. Software ini berfungsi untuk mengembalikan aplikasi dan data android yang hilang seperti foto, video, dokumen, dan data penting lainnya.

Itulah 5 cara yang bisa kamu coba jika ingin mengatasi masalah aplikasi android hilang setelah di restart. Jika kamu kebingungan, bisa gunakan kolom komentar untuk bertanya kepada kami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.
Disqus comments